Sabtu, 05 Januari 2013

cara mengatasi sampah

Secara garis besar sampah terbagi menjadi dua kelompok yaitu sampah organik dan sampah anorganik.

Sampah anorganik terbagi menjadi tiga,yaitu: sampah plastik,kertas,dan logam.Plastik,kertas dan,logam dapat di daur ulang menjadi bahan baku industri.

Sampah organik terdiri atas sampah dapur yaitu sisa makanan,bagian sayuran yg tidak digunakan,kulit buah dan sebagainya.

Sampah organik dapat membusuk apabila dibiarkan terlalu lama dalam tempat terbuka.

Maka dari itu sampah organik dapat dijadikan pupuk kompos. Sedangkan sampah anorganik seperti baju bekas,karet,pempers,dan lainnya yg tak dapat di daur ulang dapat di bakar dengan menggunakan incenerator. Incenerator yaitu mesin pembakar sampah. Arangnya dapat di gunakan sebagai campuran kompos. Arang dapat menyerap B3 (bahan beracun berbahaya).

Sampah organik mudah hancur atau terurai,sedangkan sampah anorganik sulit hancur atau bisa juga tidak dapat di hancurkan. 


Sampah anorganik memerlukan waktu yang lama untuk terurai.Sampah kertas dapat terurai selama 2-5 bulan.Sampah organik dapat terurai selama 1-6 bulan.Sampah plastik dapat terurai selama 50-80 tahun.Sampah kaleng dapat terurai selama 80-100 tahun.


Bahkan styrofoam tidak dapat dihancurkan.Coba bayangkan jika kita tidak menghemat sampah terutama sampah anorganik kita dapat membuat bumi ini seperti gunungan sampah.


Agar sampah tidak menggunung di mana2 sebaiknya kita melakukan program 4 R. 4 R adalah reduce (mengurangi),Reuse(Menggunakan kembali),Recycle (mendaur ulang)& Replace (mengganti)


Reduce artinya kita dapat mengurangi penggunaan bahan bahan yg tidak ramah lingkungan.Cara yang dapat di lakukan adalah

-membawa tas belanja sendiri untuk mengurangi tas plastik yg sulit di uraikan

-membeli kemasan isi ulang untuk deterjen,shampo,sabun,atau kecap daripada selalu memberi kemasan yg baru setiap kali habis

-membeli barang kebutuhan dengan kemasan besar

-mengurangi pembelian barang yang tidak terlalu kita butuhkan


Reuse berarti menggunakan kembali barang yang masih dapat digunakan.Cara nya adalah

-menggunakan buku tulis yang kertasnya masih kosong untuk catatan atau coret coret

-Menggunakan kedua sisi kertas

-botol air mineral daapat digunakan untuk pot bunga

Dll


Recycle adalah mendaur ulang mengolah sampah menjadi barang baru yang dapat kita gunakan.Misalnya kita membuat kompos,membuat wadah tissue,membuat pot bunga dan masih banyak Lagi. Biasanya jika kita me recycle barang2 bekas kita dapat membuahkan suatu keuntungan. Keuntungannya adalah kita dapat menjualnya dan kita dapat mengurangi sampah yang ada disekitar kita.


Replace adalah mengganti barang-barang yang sulit diuraikan atau mengganti barang2 sampah.Biasanya kita hanya mengenal program 3 R.Tetapi bagi saya apabila program 3 R ditambah menjadi 4 R mungkin hasilnya akan lebih baik.Contoh dari Replace adalah:

-mengganti styrofoam dengan kertas minyak

-mengganti tissue dengan sapu tangan

-mengganti botol plastik yang dapat diremukan dengan botol plastik keras


Dan masih banyak lagi yang dapat kita lakukan untuk bumi kedepannya.Selagi kita menjalankannya dengan ikhlas mungkin kita dapat membuat bumi jauh lebih baik dari sekarang.

2 komentar:

  1. mengatasi sampah berapapun dimanapun jenis apapun juga kondisi apapun dengan mesti berhasil,tidak seperti kebanyakan cara yg sama skali tidak pernah berhasil tapi teruuuuuus dipakek aja,bila berkenan(buka) teknologitpa.blogspot.com atau tungkusampah.com

    BalasHapus
  2. Hallo kita ada juga nih artikel tentang 'Sampah Anorganik' silahkan kunjungi dan dibaca. Ini linknya;
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/596/1/Unlock-Teddy_doddy_59-69.pdf
    Thank you.
    Semoga bermanfaat.

    BalasHapus